LINUXMINT: SISTEM OPERASI YANG MUDAH PENGGUNAANNYA

Hampir semua orang sudah mengenal yang namanya sistem operasi windows, dari windows 95, 98, NT, XP, Vista, 7, 8, dan terakhir windows 10. Rata-rata orang diseluruh dunia menggunakan sistem operasi ini walaupun sebenarnya sistem operasi ini berbayar, rata-rata orang indonesia menggunakan windows yang telah di crack. Didalam windows juga ada aplikasi perkantoran yang biasa digunakan orang seperti ms. Word, ms. Excel, dan ms. Power point. Para perusahaan developer atau perangkat keras yang terhubung dengan komputer biasanya banyak membuat untuk sistem operasi windows maka wajar orang-orang lebih memilih sistem operasi ini.
Tapi tahukah anda bahwa ada sistem operasi selain windows yang banyak digunakan orang? Ya, itu adalah sistem operasi linux. Sistem operasi linux merupakan sistem operasi yang bersifat terbuka (Open source) yaitu sistem operasi yang isinya bisa diotak atik oleh pengembang (orang yang mengerti bahasa pemograman atau orang yang bisa membuat aplikasi). Sistem operasi linux memiliki banyak sekali varian/jenis nya bahkan jumlahnya bisa ribuan. Sistem operasi linux yang terkenal saat ini adalah sistem operasi turunan dari debian yaitu ubuntu. Tahun 2020, Website distrowatch merilis sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna linux diseluruh dunia dan posisi pertama ditempati oleh Nxlinux disusul oleh linuxmint, manjaro, ubuntu, dan seterusnya. Setelah saya mencoba beberapa varian sistem operasi linux, pilihan saya jatuh kepada linuxmint dan manjaro dan kali ini saya akan mereview sistem operasi linuxmint.
Saya merekomendasikan kepada anda yang mau hijrah atau hanya sekedar mencoba sistem oprasi linux bahwa linuxmint lah pilihannya. Kenapa? Jawabannya akan saya uraikan dibawah ini kenapa harus mencoba linuxmint.
1. Tampilannya yang mudah dipahami (Friendly User Inteface)
Tampilan dari linuxmint ini sangat mudah untuk dipahami oleh pengguna baru karena tampilan linuxmint ini mirip dengan windows (windows 7) sehingga anda tidak akan terlalu kebingungan dan juga tidak perlu belajar banyak untuk memahami tampilan dari linuxmint tersebut. Tampilan dan posisi taksbar/panel nya terletak dibawah layar, tombol start disebelah kiri bawah serta menu-menu aplikasinya mengirinya didalam taksbar/panel. Begitpun tampilan dari file explorer dari linuxmint, sama persis dengan yang ada di windows. Oia, bagi anda yang mau mengubah tema linuxmint sehingga menjadi sama persis dengan windows silahkan klik disini.
2. Sistem operasi yang lebih ringan penggunaanya daripada windows
 LINUXMINT CINNAMON WINDOWS 10

System requirements:
  • 1GB RAM (2GB recommended for a comfortable usage).
  • 15GB of disk space (20GB recommended).
  • 1024×768 resolution (on lower resolutions, press ALT to drag windows with the mouse if they don’t fit in the screen).
Notes:
  • The 64-bit ISO can boot with BIOS or UEFI.
  • The 32-bit ISO can only boot with BIOS.
  • The 64-bit ISO is recommended for all modern computers (Almost all computers sold since 2007 are equipped with 64-bit processors).

  • Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
  • RAM: 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
  • Hard disk space: 16 GB for 32-bit OS or 20 GB for 64-bit OS
  • Graphics card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
  • Display: 800 x 600

Ini yang paling saya suka dari linuxmint, penggunaannya sangat ringan dibandingkan dengan windows. Bisa anda bandingkan System requirements antara linuxmint dan windows maka akan anda dapatkan bahwa linuxmint menang dalam performa sistemnya.
3. Banyak pilihan jenis linuxmint
Ternyata linuxmint ini banyak juga lo jenisnya, pilihannya bisa disesuaikan dengan kemampuan laptop kita masing-masing dan juga kebutuhan penggunaannya. Kalau anda butuh performa yang full dan juga laptop memiliki spek yang tinggi bisa mencoba linuxmint cinnamon yang terkenal sleek, modern, dan innovatif. Bagi yang memilki laptop atau pc yang pas-pasan dan juga keperluan hanya untuk sesuatu yang tidak terlalu banyak membutuhkan performa maka linuxmint mate lah yang cocok bagi laptop/pc anda, tampilan dari linuxmint mate ini juga begitu friendly. Dan yang terakhir adalah linuxmint xfce yang sangat ramah terhadap laptop tua anda yang dibuang sayang dengan sejuta kenangan didalmnya. Linuxmint xfce sangat tepat dan peduli dalam hal ketuaan laptop anda atau spek sangat rendah laptop anda.
4. Banykanya support/alternatif aplikasi yang mampu membuat anda hijrah ke linuxmint

Bagi anda yang masih ragu-ragu untuk hijrah ke linuxmint karena takut ga ada aplikasi serupa di windows, maka tenang, kekhawatiran anda menjadi terbantahkan karena sangat banyak aplikasi alternatif atau aplikasi yang sama dengan yang ada di windows. Bagi anda yang bekerja dengan ms. Office, yang merupakan kepunyaan windows, anda bisa menggunakan aplikasi alternatif bawaan linuxmint yaitu libreoffice atau anda juga bisa menggunakan WPS yang tampilannya sangat mirip dengan ms. Office. Bagi anda yang biasa mendesain vektor dengan coreldraw (biasanya dari crack-an), di linuxmint anda bisa menggunakan inkscape atau anda pengguna photoshop bisa menggunakan gimp dan banyak lagi aplikasi yang dapat anda temukan.
5. Nggak ribet dalam instalasi driver

Kalau anda mau pake printer maka harus install driver printernya. Beda dengan linuxmint, cukup colokan printer ke laptop/pc maka secara otomatis akan mengetahui tipe printer anda dan bisa langsung menggunakannya. Kita nggak harus mencari-cari di internet untuk menginstall driver yang dibutuhkan. Pada awal mula penggunaan linuxmint, anda akan dipandu langsung oleh sistem seperti gambar dibawah ini. Cukup ikuti arahan yang ada, anda bisa menggunakan sistem operasi ini.
6. Sangat aman dari virus

Inilah andalan yang tidak akan dimilki oleh pengguna windows yang sering ketakutan akan virus komputer yang sering menargetkan file-file anda. Virus adalah sesuatu yang asing bagi pengguna linuxmint karena nggak akan nememukan virus dan juga nggak perlu pasang antivirus. Virus merupakan momok yang menakutkan bagi pengguna windows dan linuxmint melenggang dengan indah karena nggak mengenal istilah virus.
Itulah beberapa alasan kenapa anda harus mencoba menggunakan linuxmint yang terkenal ramah akan tampilan dan stabil dalam pengoperasian. Apakah anda tertarik mencoba linuxmint? Atau anda masih ragu untuk mencoba? Bagi anda yang ragu, bisa menjadikan laptop anda dual boot os atau dalam istilah sederhananya, anda bisa menggunakan windows dan juga linuxmint di satu laptop yang anda miliki. Anda akan mendapatkan pengalaman yang baru dan fresh akan sistem pengoperasian komputer/pc. Bagi anda yang ingin mencoba, saya ucapkan selamat mencoba dan bagi yang telah mencoba silahkan tuliskan pengalaman anda di kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar