Maps.me: aplikasi navigasi offline



  

  Bagi anda yang hobi traveling atau mau pergi berpetualang sendirian. Sekarang telah hadir aplikasi navigasi perjalanan tanpa harus terhubung internet (offline). Aplikasi ini akan membantu anda untuk mencari tempat tujuan yang ingin dituju dan juga memberikan rute yang terbaik menurutnya. Selama saya di Jepang, saya pergi menjelajahi negeri tersebut sendirian, menggunakan sepeda, dan membawa smartphone yang didalamnya ada aplikasi ini.

                Dengan hanya berbekal smartphone, anda telah dapat mengunduhnya di play store, bagi pengguna android, dan app store bagi pengguna iphone. Aplikasi navigasi ini dinamakan dengan “Map.me”. aplikasi ini sangat gampang digunakan, anda hanya perlu mengunduh peta negara yang ingin anda kunjungi atau jajaki. Ada dua pilihan pengunduhan yang ditawarkan oleh maps.me, yang pertama adalah pengunduhan peta secara keseluruhan (all in) seperti nama-nama jalan, tempat, taman, restoran, masjid, taman, tempat hiburan, dll. Yang kedua, mengunduh hanya rute jalan (just include route). Jadi pengunduhan yang kedua ini, anda tidak dapat mengetahui tempat-tempat wisata atau sebagainya.

                Setelah selesai mengunduh peta negara yang mau dipake, anda cukup mencari nama tempat yang mau dituju menggunakan menu search yang tersedia atau anda juga bisa mencarinya melalui peta secara langsung. Setelah mendapatkan tempat yang anda tuju, anda cukup me-marking dan menekan tombol yang “route” di layar bagian bawah kanan anda. Aplikasi ini akan menunjukkan anda rute ke tempat yang mau di tuju. Andapun bisa memilih dua buah pilihan untuk menuju ke tempat yang anda inginkan, bisa dengan berjalan kaki/bersepeda atau juga bisa pemilihan rute berdasarkan jalur mobil yang dapat dipilih pada layar atas kanan smartphone anda.
                Aplikasi ini akan sangat membantu anda dalam bepergian dan juga menemukan tempat-tempat yang anda tuju. Tapi aplikasi ini belum memadai penggunaanya pada negara berkembang seperti Indonesia karena rute yang disediakan pada peta tidak lengkap. Aplikasi ini sangat bermanfaat ketika anda pergi jalan-jalan ke luar egeri seperti jepang, korea, amerika, atau eropa.

0 komentar:

Posting Komentar