Kata Pakar tentang Teknik Menulis dan Publikasi

Kita mungkin bingung dalam menulis sesuatu karena nggak ada ide atau kita memiliki ide tapi nggak tau cara untuk menyusun kata-kata yang tepat. Jadi untuk itu diundanglah narasumber yang profesional dalam bidang kepenulisan. yang pertama itu adalah Dr. Fadli Hafizulhaq, beliau adalah seorang Doktor bidang teknik pertanian di unand. Beliau juga seorang blogger profesional yang telah memenangkan 19 penghargaan kepenulisan dan beliau juga memiliki blog seperti ajopiaman.com, udafadli.web.id dan lain sebagainya. Dalam hal ini, Dr. Fadli menyampaikan kepada kita bagaimana teknik-teknik untuk menulis sebuah karya.

 

Menurut fadli, yang paling mudah dilakukan bagi pemula adalah menulis sebuah artikel. Artikel adalah itu karangan faktual yang lengkap yang dibuat untuk mempublikasinya dimedia online ataupun di media cetak. Tujuannya itu untuk menyampaikan fakta dan gagasan yang mendidik ataupun menghibur.

 

Ada tujuh poin yang kita pahami dalam menulis:

1. Temukan ide yang menarik

2. Buat Judul yang mampu bikin pembaca penasaran

3. Lakukan riset ketika menulis

4. Merumuskan kerangka tulisan

5. Membuat tulisan dengan dahsyat

6. Meramu tulisan

7. Menutup tulisan dengan baik

 

Untuk teknik publikasi, ini akan di sampaikan oleh seorang pujangga, beliau adalah Dafriansyah Putra, ST. Dia merupakan seorang novelis yang telah menulis sebuah buku yang diterbitkan oleh penerbit nasional yaitu Gramedia, judul bukunya adalah Tangan-tangan Alam. Beliau juga telah banyak mempublikasikan karyanya di koran-koran lokal bahkan koran nasional.

Menurut beliau, tulisan itu ibarat napas karya yang harus terus dipanjangkan nafasnya. Salah satu tempat yang mudah untuk mempublikasikan karya kita adalah di media sosial seperti facebook yang banyak digunakan oleh orang. Saya mulai menantang diri untuk mempublikasikan karya saya melalui facebook ini. Setelah mulai terbiasa menulis di media sosial, saya mulai memberanikan diri untuk menghubungi media cetak seperti koran singgalang. Saya langsung menghubungi pempred koran singgalang melalui pesan facebook yang kontaknya saya dapatkan dari searching. Ketika kita ingin mempublikasikan karya kita, yang pertama ada itu adalah BERANI. Saya banyak menghubungi penerbit-penerbit buku supaya karya saya bisa diterbitkan tapi karya saya banyak ditolak oleh penerbit dengan berbagai alasan tapi saya tidak pantang menyerah. Saya mencoba peruntungan untuk mengirim karya saya ke gramedia. Alhamdulillah dengan proses yang panjang dan kesabaran melakukan editing bersama editor gramedia, karya saya dapat diterbitkan oleh gramedia dan pernah berada diposisi ke-3 penjualan.

 

Media yang paling gampang dalam menerbitkan karya kita itu adalah media sosial, tegas fadli

Tulislah sesuatu yang dekat dengan kita. Seorang guru mungkin bisa menulis bahan ajar dan seseorang yang memiliki hobi bisa menulis hal yang mereka senangi, lanjut fadli.

 

Dalam menulis novel, kita harus terlebih dahulu membuat outline tulisannya karena ini merupakan panduan kita dalam menulis alur cerita. Kata fadli

 

Tips-tips dalam menyusun tulisan supaya menarik untuk dibaca adalah dengan banyak-banyak membaca buku sehingga kosa kata kita akan bertambah dan wawasan kepenulisan kita juga akan meningkat, jawab dafriansyah putra.

 

Demikianlah penjelasan dari Dr. Fadli dan Dafriansyah putra terkait teknik kepenulisan dan publikasi. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semuanya. Bagi yang mau mengunduh file presentasi beliau bisa klik link dibawah ini.


untuk kawan-kawan yang mau melihat acaranya, bisa melalui youtube adolaiko



bagi yang hobi mendengarkan radio, acara ini juga bisa didengarkan di anchor, di adolaiko podcast atau juga bisa di channel telegram adolaiko podcast.
materi acara bisa diunduh disini


0 komentar:

Posting Komentar